MODEL
PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAHNYA
1. PICTURE AND PICTURE.
Langkah-langkah :
· Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai.
· Menyajikan materi sebagai pengantar.
· Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar
kegiatan berkaitan dengan materi.
· Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar gambar menjadi urutan yang logis.
· Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan
gambar tersebut.
· Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai.
· Kesimpulan/rangkuman.
2. JIGSAW (MODEL TIM
AHLI)
Langkah-langkah :
·
Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim.
·
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang berbeda.
·
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang ditugaskan.
· Anggota dari tim yang berbeda yang telah
mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok
ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
· Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap
anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim
mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
· Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
· Guru memberi evaluasi.
· Penutup.
3. EXAMPLES
NON EXAMPLES .
Langkah-langkah :
·
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
·
Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP.
· Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan
pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
· Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
· Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya.
· Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru
mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
· Kesimpulan.
4. COOPERATIVE
SCRIPT
Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian
dari materi yang dipelajari.
Langkah-langkah :
·
Guru membagi siswa untuk berpasangan.
·
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan.
·
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengan.
·
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
-
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok
yang kurang lengkap.
-
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi
sebelumnya atau
dengan materi lainnya.
·
Bertukar peran, semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
·
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru.
·
Penutup.
5. MIND
MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan
alternatif jawaban .
Langkah-langkah
:
· Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai.
· Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang
akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai
alternatif jawaban.
· Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
· Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi.
· Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu)
membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papat dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru.
· Dari data-data di papan siswa diminta membuat
kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan
guru.
6. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(Modifikasi Dari Number Heads)
Langkah-langkah :
· Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor.
· Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkaiMisalnya : siswa nomor satu
bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa
nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
· Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama
antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini
siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja
sama mereka.
·
Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok
yang lain.
·
Kesimpulan.
7. NUMBERED
HEADS TOGETHER
Langkah-langkah :
· Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor
· Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya.
· Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan
memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya.
· Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan
nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
· Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru
menunjuk nomor yang lain.
· Kesimpulan.
8. PROBLEM BASED INTRODUCTION
(PBI)
(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat
dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.).
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
Guru membantu siswa dalam merencanakan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi
tugas dengan temannya.
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi
atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka da proses-proses yang
mereka gunakan.
9. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
· Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai..
· Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
· Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah
kelompok berpasangan dua orang
· Suruhlan seorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian
berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
· Suruh siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian
siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
· Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi
yang sekiranya belum dipahami siswa.
· Kesimpulan/penutup
MAntap
ReplyDelete