sumber : youtube
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMA PENDIDIKAN
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : IV O/ Genap 2018-2019
Materi Pokok : Kebutuhan dan
Kelangkaan.
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR.
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari tentang teori kebutuhan dan kelangkaan sebagai salah satu pelaksanaan dalam kegiatan sehari hari.
2. Mengidentifikasi jenis jenis kebutuhan sesuai tingkat kehidupan didalam masyarakat.
3. Memahami permsalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan kelangkaan.
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari tentang teori kebutuhan dan kelangkaan sebagai salah satu pelaksanaan dalam kegiatan sehari hari.
2. Mengidentifikasi jenis jenis kebutuhan sesuai tingkat kehidupan didalam masyarakat.
3. Memahami permsalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan kelangkaan.
4.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI.
1. Peserta didik mampu menunjukkan kesungguhan dalam belajar jenis jenis kebutuhan manusia dan kelangkaan.
2. Peserta didik mampu mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sehingga memiliki kesempatan untuk belajar kebutuhan manusia.
1. Peserta didik mampu menunjukkan kesungguhan dalam belajar jenis jenis kebutuhan manusia dan kelangkaan.
2. Peserta didik mampu mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sehingga memiliki kesempatan untuk belajar kebutuhan manusia.
3. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian kebutuhan.
2. Jenis Jenis kebutuhan.
3. Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)
4. Pengertian Kelangkaan.
5. Penyebab Kelangkaan.
4.
KEGIATAN PEMBELAJARAN.
1.
Kegiatan Pendahuluan (10
menit)
o
Mengucapkan salam, absensi
dan berdoa
o
Memberikan apersepsi
o
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (70 menit)
a.
Mengamati.
o Guru meminta siswa untuk
mengamati materi yang dipelajari pada video dan buku bacaan yang ada.
o
Guru meminta siswa untuk
menyebutkan apa saja yang ia lihat didalam materi pada video dan buku bacaan
yang ada.
b.
Menanya/Bertanya.
o
Guru meminta siswa untuk
menyebut pengertian, jenis jenis kebutuhan.
o
Guru bertanya tentang pengertian
kelangkaan.
o
Guru bertanya penyebab
kelangkaan.
c.
Mengumpulkan
informasi/bereksperimen.
o Guru meminta siswa untuk memberi
contoh jenis jenis kebutuhan dan kelangkaan.
o
Siswa menuliskan contoh
tersebut kedalam buku tulis/catatan.
d.
Mengasosiasi.
o
Guru membagi siswa secara
berkelompok (3orang/kelompok) dan meminta siswa untuk membuat kliping tentang
kebutuhan dan kelangkaan.
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
o
Guru dan siswa membuat
simpulan pelajaran
o
Guru memberikan refleksi
o
Guru memberikan PR
5.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
a.
Media/Alat : Laptop, Infocus
b.
Bahan : Video
c.
Sumber Belajar :
Buku Pegangan Siswa dan Internet.
No comments:
Post a Comment