Sunday, February 24, 2019

Kebutuhan dan Kelangkaan






sumber : youtube




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Sekolah                                 : SMA PENDIDIKAN
Mata Pelajaran                   : Ekonomi
Kelas/Semester                  : IV O/ Genap 2018-2019
Materi Pokok                      : Kebutuhan dan Kelangkaan.
Alokasi Waktu                    : 2 x 45 menit

A.     KOMPETENSI INTI
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR.
1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari tentang teori kebutuhan dan kelangkaan  sebagai salah satu pelaksanaan dalam kegiatan sehari hari.
2.    Mengidentifikasi jenis jenis kebutuhan sesuai tingkat kehidupan didalam masyarakat.
3. Memahami permsalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan kelangkaan.


4.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI.
1.  Peserta didik mampu menunjukkan kesungguhan dalam belajar jenis jenis kebutuhan manusia dan kelangkaan.
2.  Peserta didik mampu mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sehingga memiliki kesempatan untuk belajar kebutuhan manusia.

3.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian kebutuhan.
2.      Jenis Jenis kebutuhan.
3.      Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)
4.      Pengertian Kelangkaan.
5.      Penyebab Kelangkaan.

4.      KEGIATAN PEMBELAJARAN.
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
o   Mengucapkan salam, absensi dan berdoa
o   Memberikan apersepsi
o   Menginformasikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Mengamati.
o  Guru meminta siswa untuk mengamati materi yang dipelajari pada video dan buku bacaan yang ada.
o   Guru meminta siswa untuk menyebutkan apa saja yang ia lihat didalam materi pada video dan buku bacaan yang ada.
b.      Menanya/Bertanya.
o   Guru meminta siswa untuk menyebut pengertian, jenis jenis kebutuhan.
o   Guru bertanya tentang pengertian kelangkaan.
o   Guru bertanya penyebab kelangkaan.
c.       Mengumpulkan informasi/bereksperimen.
o Guru meminta siswa untuk memberi contoh jenis jenis kebutuhan dan kelangkaan.
o   Siswa menuliskan contoh tersebut kedalam buku tulis/catatan.

d.      Mengasosiasi.
o   Guru membagi siswa secara berkelompok (3orang/kelompok) dan meminta siswa untuk membuat kliping tentang kebutuhan dan kelangkaan.

3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
o   Guru dan siswa membuat simpulan pelajaran
o   Guru memberikan refleksi
o   Guru memberikan PR

5.      MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
a.       Media/Alat                   : Laptop, Infocus
b.      Bahan                             : Video
c.       Sumber Belajar           :  Buku Pegangan Siswa dan Internet.






No comments:

Post a Comment