Sunday, February 24, 2019

Konsep Teknologi Perkantoran




KONSEP TEKNOLOGI PERKANTORAN


Di era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan teknologi perkantoran sangat dibutuhkan.  Terutama pada pekerja profersional,  dalahal ini mereka selalu memakai peralatan perkantoran untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Penggunaadari alat-alat perkantoran tersebut juga tidak bisa sembarangan, dibutuhkan keterampilan kusus dan kemauan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan  dalam  hal mengoperasikan  peralataperkantoran  sebagai alat bantu kerja.
Perkembangan teknologi perkantoran yang sangat pesat maka menimbulkan beberapa dampak, berdampak negative ataupun positif merupakan sesuatu hal yang tidak bisa kita tolak kehadirannya. Perkembangan ilmu dan  teknologi yang semakin pesat serta peralatan (mesin) kantor yang digunakan semakin canggih, maka hal ini dapat mempengaruhi efesiensi kerja (Job Efficiency).

A. Peranan Teknologi Perkantoran.
Kata teknologi berasal dari bahasa Perancis, La Teknique yang artinya semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Teknologi  adalah  keseluruhan  saranuntuk  menyediakan  barang- barang yang diperlukabagi kelangsungan  dan kenyamanan  hidup manusia. Menurut Iskandar Alisyahbana, teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan- akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia. Kantor adalah suatu unit orgaisasi yang terdiri dari tempat, personel, dan operasi ketatausahaan untuk membantu pimpinan. Yang dimaksud tempat adalah ruangan, gedung, kompleks, serta perabot dan perlengkapan lainnya yang mendukung aktivitas kerja.
Menurut M.K Alamsyah (1990 2) administrasi memiliki arti sebagai rangkaian kegiatan seperti mencatat, mengklasifikasi, mengolah, menggandakanmendistribusikan dan menyimpan data/informasi untuk tujuan tertentu.
Teknologi  juga penerapakeilmuan yang mempelajari  da mengembangkan kemampuan  dari  suatu  rekayasdengan  langkah  dan  teknik  tertentu  dalam suatu   bidangTeknolog merupaka aplikas ilmu  dan  engineerinuntuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaharui kondisi manusia/ paling tidak memperbaiki manusia pada beberapa aspek.
Kantor adalah suatu unit organisasi yang terdiri dari tempat, personel dan operasi ketatausahaan   untuk  membantu  pimpinan.  Yang  dimaksud  tempat  adalah ruangan, gedung, kompleks, serta perabot dan perlengkapannya, seperti mesin- mesin kantor dan perlengkapan lainnya yang mendukung aktivitas kerja.
Teknologi perkantoran dapat diartikan juga sebagai teknologi yang diaplikasikan dalama kegiatan perkantoran  yaiitu,  digunakauntuk mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efesien dengan menggunakan mesin-mesin kantor.
Dari uraian ditas, dapat kita tau bahwa peranan teknologi perkantoradalam proses pengolahan data/informasi saat ini adalah efesiensi kerja yang menyankut produktivitas.  Hal  ini  akan  terjadi  jikkitselalu  mengetik  /menggunakan perangka rakayasa   teknolog modern seperti      menggunaka perangkat computer dan sejenisnya.

B. DampaPositif daDampaNegativPerkembangaTeknologi Perkantoran.
Dengan adanya perkembangan teknologi perkantoran yang semakin pesat maka timbulah beberapa dampak negative dan dampak positifnya.

1. Dampak Positif.
     a) Tenaga penggeraknya.
          (1)  Mutu/ kualitas tenaga kerja meningkat.
          (2)  Disiplin dan gairah kerja naik.
          (3)  Beban tenaga dan pikiran menjadi rlatif lebih ringan.
          (4)  Pendapatan tenaga kerja meningkat.
    b)  Prosedur kerja.
          (1)  Semakin mudah.
          (2)  Semakin lancar.
          (3)  Semakin sederhana (singkat).
          (4)  Efesiensi kerja (semakin selesai).

    c) Hasil kerja
          (1) Kualitas produk meningkat.
          (2) Kuantitas produk meningkat.
          (3) Standar mutu tertentu terpenuhi.
          (4) Keseragaman/ keragaman bentuk dan ukuran produk sangat akurat.

2. Dampak Negative.
Adapun dampak negative dari perkembangan teknologi perkantoran  yaitu:
a) Sulit mencari tenaga kerja dengan kemampuan keterampilan tertentu .
b) Memnambah pengangguran ( Tenaga kerja yang dibutuhkan sedikit).
c) Pemeliharaan mesin yang kurang baik, akan menimbulkan pemborosan.
dJika terjadi pengantian mesin baru akan berakibat pada perubahan metodprosedur dan perlu diadakan pelatihan tenaga kerja. (MK. Alamsyah, 199117-78)

C. Perlengkapan Kantor.
Dalam buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Menengadijelaska bahwa   yan dimaksu denga perlengkapa ialah mencakup semua barang yang diperlukan, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak, sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugasAda beberapa istilah yang berkenaan dengan alat/perlengkapan kantor berdasarkan jenis teknologi administrasi modern, yaitu sebagai berikut:
1. Bekal  kantor  (officesupplies)  adalah  benda-benda  yang  akahabidalapemakaiannya  sehari-hari   dikantor,  benda  tersebut  tidak  tahan  lama.
Misalny; kertas, karbon, pita, mesin ketik dan sebagainya.

           Gambar 1.2 Office Supplies.



2. Mesin-mesin  kantor  (office machine adalah segenab  alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, dan mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan  tatusaha  yang  bekerja  secara  mekanis  maupun  elektronis. Contoh: mesin cash register, mesin ketik dan mesin stensil.







 Gambar 1.3 Mesin Cash Register.


3. Peralatan  kantor  (office  appliances)  adalah  segenab  alat  yandigunkan dalam  pekerjaatata usaha. Misalnya; peralatan kantor terdiri atas mesin- mesin kantor dan alat-alat bukan mesin atau alat tulis kantor (ATK).


 Gambar 1.4 Alat Tulis Kantor.


4. Perabot  kantor  (officfurniture)  adalah  benda-benda  kantor  yang  pada umumnya terbuat dari kayu yang dipergunakan untuk untuk melaksanakan tugas tata usaha. Misalnya; Meja, kursi, lemari dan sebagainya.







Gambar 1.5  Perabot Kantor


5. Perabot kantor tempelan (office fixture) adalah perabot kantor yang melekat (menjadi satu) dengan bangunan lain dalam kantor. Misalnya; lemari yang telah jadi satu dengan gedung, rak-rak menempel di dinding.

  Gambar 1.6  Office Fixture


6. Hiasan  kantor  (office  ornament)  adalah  benda-benda  yandikantor  pada umumny untuk   menamba suasan yan menyenangka d kantor. Misaknya; gambar-gambar, atau foto-foto dekorasi, pot-pot dan  vas bunga.



7. Pesawat kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat

untu mengadaka komunikasi Misalnya intercom telepon faksimile,

handphone dan sebagainya.

Gambar 1.7  Alat Komunikasi


8. Alat bantu praga adalaalat yang digunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji dengan pendengar. Misalnya: tape recorder, video tape recorder, televise dan sebagainya.

Gambar 1.8  Tape Recorder










No comments:

Post a Comment